Dalam membangun sebuah bisnis aspek pemasaran sangatlah penting. Analisis
aspek pemasaran dilakukan untuk melihat dan menganalisis kebutuhan pasar agar
strategi pemasaran yang akan dirancang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Dengan mengetahui aspek pemasaran
tersebut akan menjadi kunci keberhasilan kamu dalam menjalankan sebuah usaha. Lalu apa saja aspek pemasaran tersebut? simak
ulasannya di bawah ini.
1. Spesifikasi
Produk dan Product Differentiation
Aspek
pemasaran dalam kewirausahaan yang pertama adalah spesifikasi produk dan
product differentiation. Produk adalah setiap hal yang bisa berupa barang atau
jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Barang atau jasa ini diharapkan dapat
memenuhi apa yang mereka butuhkan sekaligus memberikan mereka kepuasan.
Spesifikasi produk tersebut misalnya saja
bagaimana bentuknya secara fisik, apa mereknya, bagaimana produk tersebut
dikemas, apakah disertai garansi dan lain sebagainya. Selain spesifikasi produk ada juga
perbedaan produk. Perbedaan produk atau product differentiation dasar bagi para
penjual untuk menentukan motif-motif pembelian selektif. Maksudnya adalah satu
barang atau jasa yang sama bisa berbeda-beda di mata para pembeli. Jadi meskipun
barang/jasa yang ditawarkan sama namun konsumen percaya bahwa barang/jasa
tersebut berbeda maka barang/jasa tersebut adalah sama sekali berbeda.
Namun
karena target pasar untuk barang semacam ini adalah homogen maka akan sulit
untuk meningkatkan permintaan. Jadi strategi pemasarannya pada aspek
spesifikasi produk dan perbedaan produk adalah dengan membuat merek baru atau
inovasi terkait kemasannya.
2. Segmentasi
Pasar
Aspek
pemasaran selanjutnya adalah segmentasi pasar. Jika analisis spesifikasi produk
dan perbedaannya didasarkan pada pemisahan dan pengkhususan produk-produk, maka
segmentasi pasar analisanya berdasarkan pemisahan dan pengkhususan pada calon
kelompok pembeli potensial.
Pasar
ini adalah pasar yang menjual lebih dari satu barang atau jasa. Oleh karena itu
sangat penting kiranya untuk melakukan segmentasi pasar atau pemisahannya.
Dengan diadakan segmentasi pasar maka Anda akan lebih mudah dalam menjual
barang/jasa yang Anda tawarkan.
Kenapa
segmentasi pasar perlu Anda lakukan? Hal ini karena dalam praktik nyata masih
saja terdapat produk yang heterogen pada seluruh pasar. Selain itu bisa juga
karena produk tersebut hanya dibutuhkan dan diperlukan oleh satu kelompok pasar
tertentu saja. Dengan segmentasi pasar ini maka
usahanya akan lebih ekonomis karena unit-unit pembelian sudah dikelompokkan ke
dalam beberapa segmen saja. Dengan ini maka laba maksimal juga bisa didapatkan.
3. Peramalan
Penjualan
Peramalan
penjualan adalah salah satu aspek pemasaran dalam kewirausahaan yang mana
sangat diperlukan jika Anda ingin memulai sebuah bisnis. Peramalan penjualan
harus tepat yang mana akan berpengaruh terhadap bisnis Anda di masa depan.
Kenapa
ramalan penjualan begitu penting? Hal ini karena ramalan penjualan bisa
dijadikan dasar untuk menentukan kuota, pedoman untuk mengembangkan produk,
merencanakan sebuah promosi serta pengalokasian SDM/tenaga kerja.
4. Analisa
Pesaing
Analisa
pesaing ini adalah aspek pemasaran yang paling penting dalam studi kelayakan
bisnis. Jika Anda ingin perusahaan Anda tidak kalah dari kompetitor maka Anda
harus melakukan analisa pesaing. Ini juga akan menjadi penentu dimana Anda
memposisikan perusahaan Anda dalam dunia bisnis.
Pesaing
bisa diartikan perusahaan yang juga menawarkan jasa atau barang yang sama atau
mirip dengan perusahaan Anda. Kalau Anda tidak memiliki trik jitu dan analisa
mendalam maka bukan tidak mungkin Anda akan ditinggalkan konsumen atau tidak
mendapatkan konsumen sama sekali.
Dengan
Anda mengetahui secara detail kekuatan dan kelemahan pesaing maka Anda sudah
mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut adalah Anda bisa memaksimalkan
kekuatan perusahaan Anda untuk menutupi kelemahan perusahaan pesaing. Selain
perusahaan juga akan mendapatkan referensi agar terus memperbaiki kinerja dan
bisa bersaing secara sehat dalam dunia bisnis.
5. Promosi
Yang terakhir adalaha promosi. Promosi merupakan
ujung tombak dari aspek pemasaran dalam daftar di artikel ini. Promosi bisa
diartikan segala upaya yang dilakukan oleh penjual untuk menawarkan produknya
kepada konsumen agar ujungnya mereka tertarik untuk membeli.
Promosi
adalah aspek yang vital dalam pemasaran karena dengan promosi maka penjual dan
menginfokan segala sesuatu terkait jasa dan barang yang ditawarkan kepada
konsumen.
Demikianlah
pembahasan tentang aspek pemasaran dalam kewirausahaan yang bisa kami sajikan.
Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita menjadi luas.
Terima kasih atas kunjungannya, semoga sukses.
Komentar
Posting Komentar