Langsung ke konten utama

5 Aspek Pemasaran Yang Bisa Kamu Terapkan Dalam Berwirausaha




Dalam membangun sebuah bisnis aspek pemasaran sangatlah penting. Analisis aspek pemasaran dilakukan untuk melihat dan menganalisis kebutuhan pasar agar strategi pemasaran yang akan dirancang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Dengan mengetahui aspek pemasaran tersebut akan menjadi kunci keberhasilan kamu dalam menjalankan sebuah usaha. Lalu apa saja aspek pemasaran tersebut? simak ulasannya di bawah ini.

1.      Spesifikasi Produk dan Product Differentiation
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan yang pertama adalah spesifikasi produk dan product differentiation. Produk adalah setiap hal yang bisa berupa barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Barang atau jasa ini diharapkan dapat memenuhi apa yang mereka butuhkan sekaligus memberikan mereka kepuasan.

Spesifikasi produk tersebut misalnya saja bagaimana bentuknya secara fisik, apa mereknya, bagaimana produk tersebut dikemas, apakah disertai garansi dan lain sebagainya. Selain spesifikasi produk ada juga perbedaan produk. Perbedaan produk atau product differentiation dasar bagi para penjual untuk menentukan motif-motif pembelian selektif. Maksudnya adalah satu barang atau jasa yang sama bisa berbeda-beda di mata para pembeli. Jadi meskipun barang/jasa yang ditawarkan sama namun konsumen percaya bahwa barang/jasa tersebut berbeda maka barang/jasa tersebut adalah sama sekali berbeda.

Namun karena target pasar untuk barang semacam ini adalah homogen maka akan sulit untuk meningkatkan permintaan. Jadi strategi pemasarannya pada aspek spesifikasi produk dan perbedaan produk adalah dengan membuat merek baru atau inovasi terkait kemasannya.

2.      Segmentasi Pasar
Aspek pemasaran selanjutnya adalah segmentasi pasar. Jika analisis spesifikasi produk dan perbedaannya didasarkan pada pemisahan dan pengkhususan produk-produk, maka segmentasi pasar analisanya berdasarkan pemisahan dan pengkhususan pada calon kelompok pembeli potensial.

Pasar ini adalah pasar yang menjual lebih dari satu barang atau jasa. Oleh karena itu sangat penting kiranya untuk melakukan segmentasi pasar atau pemisahannya. Dengan diadakan segmentasi pasar maka Anda akan lebih mudah dalam menjual barang/jasa yang Anda tawarkan.

Kenapa segmentasi pasar perlu Anda lakukan? Hal ini karena dalam praktik nyata masih saja terdapat produk yang heterogen pada seluruh pasar. Selain itu bisa juga karena produk tersebut hanya dibutuhkan dan diperlukan oleh satu kelompok pasar tertentu saja. Dengan segmentasi pasar ini maka usahanya akan lebih ekonomis karena unit-unit pembelian sudah dikelompokkan ke dalam beberapa segmen saja. Dengan ini maka laba maksimal juga bisa didapatkan.

3.      Peramalan Penjualan
Peramalan penjualan adalah salah satu aspek pemasaran dalam kewirausahaan yang mana sangat diperlukan jika Anda ingin memulai sebuah bisnis. Peramalan penjualan harus tepat yang mana akan berpengaruh terhadap bisnis Anda di masa depan.

Kenapa ramalan penjualan begitu penting? Hal ini karena ramalan penjualan bisa dijadikan dasar untuk menentukan kuota, pedoman untuk mengembangkan produk, merencanakan sebuah promosi serta pengalokasian SDM/tenaga kerja.

4.      Analisa Pesaing
Analisa pesaing ini adalah aspek pemasaran yang paling penting dalam studi kelayakan bisnis. Jika Anda ingin perusahaan Anda tidak kalah dari kompetitor maka Anda harus melakukan analisa pesaing. Ini juga akan menjadi penentu dimana Anda memposisikan perusahaan Anda dalam dunia bisnis.

Pesaing bisa diartikan perusahaan yang juga menawarkan jasa atau barang yang sama atau mirip dengan perusahaan Anda. Kalau Anda tidak memiliki trik jitu dan analisa mendalam maka bukan tidak mungkin Anda akan ditinggalkan konsumen atau tidak mendapatkan konsumen sama sekali.

Dengan Anda mengetahui secara detail kekuatan dan kelemahan pesaing maka Anda sudah mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut adalah Anda bisa memaksimalkan kekuatan perusahaan Anda untuk menutupi kelemahan perusahaan pesaing. Selain perusahaan juga akan mendapatkan referensi agar terus memperbaiki kinerja dan bisa bersaing secara sehat dalam dunia bisnis.

5.      Promosi
Yang terakhir adalaha promosi. Promosi merupakan ujung tombak dari aspek pemasaran dalam daftar di artikel ini. Promosi bisa diartikan segala upaya yang dilakukan oleh penjual untuk menawarkan produknya kepada konsumen agar ujungnya mereka tertarik untuk membeli.

Promosi adalah aspek yang vital dalam pemasaran karena dengan promosi maka penjual dan menginfokan segala sesuatu terkait jasa dan barang yang ditawarkan kepada konsumen.


Demikianlah pembahasan tentang aspek pemasaran dalam kewirausahaan yang bisa kami sajikan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita menjadi luas. Terima kasih atas kunjungannya, semoga sukses.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kriteria Penilaian Investasi Kelayakan Usaha

Analisis kelayakan   usaha adalah   penelitian   yang   mendalam   terhadap   suatu   ide bisnis tentang layak atau tidak layaknya ide tersebut untuk dilaksanakan. Pengertian layak dalam penelitan ini adalah kemungkinan dari gagasan suatu usaha yang akan dilaksanakan dapat memberikan manfaat dalam arti finansial maupun sosial benefit. Dengan adanya analisis kelayakan ini diharapkan resiko kegagalan dalam memasarkan produk dapat dihindari. Berkepentingan dalam hal ini untuk mengetahui tingkat keuntungan dari investasi yang ia tanam, bagaimana resikonya dan bagaimana prospeknya di masa depan. Ada dua point yang menjadi tujuan artikel ini yakni Anda sebagai investor yang bisa mempelajari kriteria penilaian investasi apa yang cocok untuk Anda percayakan menanam modal tersebut atau bisa juga untuk Anda sebagai pencari investor yang bisa mempelajari kriteria penilaian investasi untuk meyakinkan para investor menanamkan modalnya pada usaha yang Anda ...

5 Cara Mudah Menemukan Ide Bisnis Kreatif

Pada dasarnya, menemukan ide bisnis tidaklah sulit. Akan tetapi, banyak pengusaha pemula yang kesulitan untuk mendapatkan sebuah ide bisnis. Padahal, jika dicermati lebih lanjut ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk menangkap gagasan-gagasan brilian tersebut. Cara yang sederhana dan paling mendasar yang  perlu di lakukan adalah membaca kondisi lingkungan dimana bisnis tersebut akan dijalankan. Karena pada prinsipnya sebuah bisnis muncul sebagai solusi atas masalah yang terjadi. Misalnya, toko online muncul karena sebagian besar orang-orang menginginkan belanja yang aman dan praktis tanpa terjebak macet di jalan. Untuk lebih jelas nya, berikut 5 sumber inspirasi yang bisa menjadi acuan dalam menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. 1.       Belajar dari kesuksesan orang lain Baca buku, artikel, dan materi lainnya oleh dan tentang orang-orang yang Anda kagumi untuk belajar tentang pendekatan mereka dalam membuat dan menjalankan ...

Mengenal Lebih Dalam Tentang Bussines Plan

Perlukah  business plan  saat menjalankan bisnis? Tentu saja perlu. Untuk bertindak dan mengetahui apa yang hendak kita lakukan, kita membutuhkan rencana atau planning. Rencana ini nantinya berisi tentang tata cara untuk mengerjakan sesuatu, siapa saja yang terlibat dalam bisnis tersebut, lokasi usaha, sumber modal, dan masih banyak lagi. Rencana bisnis yang disusun dengan baik bisa mengantarkan perusahaan menuju gerbang kesuksesan. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan. Apa itu Business Plan ? Rencana bisnis atau  business plan  adalah pernyataan formal dan tertulis mengenai tujuan-tujuan dari sebuah bisnis dan cara mencapai tujuan tersebut. Kenyataannya banyak orang gagal membuat sebuah rencana bisnis disaat akan melakukan bisnis. Beberapa orang meyakini yang penting dari sebuah bisnis adalah jalankan saja. Tetapi jalan tanpa rencana adalah perbuatan yang kurang bijak. Apakah dengan membuat ...