Langsung ke konten utama

Ringkasan Eksekutif Rencana Bisnis Jasa Make Up Beauty Of Putik



Potensi industri kecantikan di tanah air sangat memukau. Berdasarkan hasil survei Euromonitor International (tahun 2015), nilai ekspor kosmetik Indonesia mencapai sekitar Rp11 triliun. Menurut Euromonitor International, negara-negara berkembang berkontribusi sebesar 51% bagi industri kecantikan global, termasuk di antaranya Indonesia yang memiliki pasar yang dinamis di kawasan Asia Tenggara. Sebagai negara beriklim tropis, serta kaya akan warisan kecantikan, keberagaman suku bangsa dan budaya, menjadi keunikan tersendiri bagi pengembangan industri kosmetik dan perawatan kecantikan yang potensial.

Beauty Of Putik adalah  bisnis  yang  bergerak  di  bidang jasa make up. Pemilihan bisnis tersebut karena make up merupakan salah satu bisnis yang tidak akan berakhir, yang  mana make up menjadi  salah  satu  kebutuhan hampir semua  perempuan,  baik make  up untuk kebutuhan  diri  sendiri  maupun make  up untuk kebutuhan profesional seperti make up wedding. Hal yang pertama kali dilihat oleh konsumen dalam bisnis ini adalah hasil make up, terutama hasil make up yang mengikuti jaman.

Karena saat ini informasi mengenai make up dapat dengan mudah dilihat melalui   internet, sehingga konsumen mengetahui model make up yang sedang menjadi trend. Perias  yang digunakan bernama Talitha Putik Arawanda. Beliau memiliki pengalaman sejak tahun 2016  dan  telah  mengikuti  berbagai  tempat  kursus make  up. Disamping  itu,  beliau  selalu mengikuti  perkembangan trend make  up,  sehingga  hasil make  up yang  diberikan mengikuti jaman.

Konsep  dalam  bisnis  ini  adalah  sistem  pemesanan  (booking  system)  via Instagram. Konsep tersebut dibuat karena berdasarkan pengalaman perias, konsumen sering kali  menanyakan  tanggal  di  awal  pembicaraan.  Apabila  tanggal  tersebut tersedia, konsumen langsung menanyakan beberapa hal, seperti harga, merek make up yang digunakan, foto hasil make up, dan lain sebagainya.

Dengan adanya sistem pemesanan  (booking  system) via instagram membuat  konsumen tidak  perlu  repot untuk  menanyakan  ketersediaan  tanggal,  karena  hanya  dengan  mengunjungi instagram,  konsumen  dengan  mudah  mengetahui  tanggal  yang  masih  tersedia  dan dapat  langsung  memesannya.  Selain  itu, instagram berisikan  informasi  pendukung, seperti  portofolio,  harga,  dan  promo-promo. Instagram tersebut  dibuat, untuk mempermudah konsumen dalam melakukan pemesanan.

Target  pasar  yang  akan  dituju  adalah  siswi  SMA,  mahasiswi,  dan  wanita yang akan menikah. Siswi SMA dan mahasiswi perguruan tinggi tersebut menjadi target Beauty Of Putik pada saat menjelang acara kelulusan SMA dan acara wisuda perguruan tinggi. Untuk   mempublikasikan Beauty Of Putik perusahaan   menggunakan berbagai  cara  promosi baik  di  dunia  maya (on-line) maupun  di dunia  nyata  (off-line). 

Publikasi  di dunia  maya (on-line) dengan  cara  meminta  bantuan  kepada seluruh kerabat untuk menyebarkan informasi adanya Beauty Of Putik melalui sosial medianya  dan  melakukan  pemasangan  iklan  yang  berbayar pada  situs-situs  yang sudah  dikenal seperti  di google  ads,  facebook  ads dan  lainnya. Publikasi  di dunia  nyata  (off-line) dengan  cara menyebarkan  brosur  di  daerah kampus dan SMA yang menjadi target pasar, dan melakukan penyebaran informasi melalui word of mouth(WOM).

Berdasarkan   perhitungan   untuk   kelayakan   investasi, Beauty Of Putik memiliki perkiraan penjualan dalam 3 tahun  yaitu pada tahun 2017-2019. Pada tahun  2017  penjualan sebesar  Rp.  220.500.000, tahun  2018 meningkat  sebesar 160%  dari  tahun  sebelumnya  atau  sebesar Rp.  575.437.500, dan  tahun  2019 meningkat sebesar 146,72% dari tahun sebelumnya atau sebesar Rp. 1.428.253.750, Nilai  tersebut memperlihatkan  pertumbuhan  usaha  ini.Untuk  perhitungan net present value diperoleh dengan hasil Rp 319.031.179, perhitungan Internal Rate of Return diperoleh  sebesar 214,3% dan payback  period yang  diperoleh  dari  hasil perhitungan memperlihatkan bahwa dalam waktu 1 Tahun 22 Hari usaha ini dapat mencapai modalnya kembali. Sedangkan profitability index yang diperoleh sebesar 8,089 atau lebih besar dari 1 sehingga menjadikan usaha ini layak untuk dijalankan.

Berikut contoh BMC dari rencana bisnis Beauty Of Putik bertujuan untuk memberikan jasa kecantikan. Berikut model bisnis canvasnya.




Berikut ini adalah proposal bisnis " Beauty Of Putik "


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Mudah Menemukan Ide Bisnis Kreatif

Pada dasarnya, menemukan ide bisnis tidaklah sulit. Akan tetapi, banyak pengusaha pemula yang kesulitan untuk mendapatkan sebuah ide bisnis. Padahal, jika dicermati lebih lanjut ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk menangkap gagasan-gagasan brilian tersebut. Cara yang sederhana dan paling mendasar yang  perlu di lakukan adalah membaca kondisi lingkungan dimana bisnis tersebut akan dijalankan. Karena pada prinsipnya sebuah bisnis muncul sebagai solusi atas masalah yang terjadi. Misalnya, toko online muncul karena sebagian besar orang-orang menginginkan belanja yang aman dan praktis tanpa terjebak macet di jalan. Untuk lebih jelas nya, berikut 5 sumber inspirasi yang bisa menjadi acuan dalam menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. 1.       Belajar dari kesuksesan orang lain Baca buku, artikel, dan materi lainnya oleh dan tentang orang-orang yang Anda kagumi untuk belajar tentang pendekatan mereka dalam membuat dan menjalankan ...

9 Building Blocks Dalam Bisnis Model Kanvas

Sebelum membahas lebih jauh mengenai konsep ini, kita perlu memahami apa yang dimaksud Business Model. Business model adalah pendekatan rasional tentang bagaimana sebuah institusi usaha membuat (create), menyampaikan (deliver) dan mengambil atau menangkap (capture) sesuatu yang memiliki nilai (value).  Business Model  adalah tentang bagaimana, bukan tentang apa. Benda (apa) yang sama bisa melahirkan peluang yang berbeda bila di  create – deliver  dan  capture  dengan cara (bagaimana) yang berbeda. Seseorang yang bernama Alexander Osterwalder menciptakan sebuah  canvas  pada tahun 2008, dirancang untuk  business model  yang dikenal dengan  Lean Canvas . Dengan menggunakan Lean Canvas  ini maka aktivitas utama dalam bisnis terlihat jelas dan dapat di- explore  lebih jauh untuk menentukan  business model  yang baik.  Lean Canvas ini  tampak ramping dengan 9 blok yang sederhana na...